10 Manfaat Tangkringan Kayu Asem yang Harus Anda Tahu


10 Manfaat Tangkringan Kayu Asem yang Harus Anda Tahu

Manfaat tangkringan kayu asam adalah untuk kesehatan burung. Kayu asam memiliki kandungan zat alami yang dapat membantu menjaga kesehatan burung, seperti antioksidan, antibakteri, dan antijamur. Selain itu, kayu asam juga dapat membantu melancarkan pencernaan burung dan meningkatkan nafsu makannya.

Tangkringan kayu asam juga dapat membantu mencegah penyakit pada burung, seperti penyakit pernapasan dan penyakit kulit. Kandungan zat alami dalam kayu asam dapat membantu membunuh bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit pada burung. Selain itu, tangkringan kayu asam juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah burung dan memperkuat sistem kekebalan tubuhnya.

Kayu asam telah digunakan selama berabad-abad untuk membuat tangkringan burung. Masyarakat tradisional percaya bahwa kayu asam memiliki kekuatan magis yang dapat melindungi burung dari penyakit dan bahaya. Meskipun kepercayaan ini belum terbukti secara ilmiah, namun manfaat tangkringan kayu asam bagi kesehatan burung memang sudah diakui oleh para ahli kesehatan hewan.

manfaat tangkringan kayu asem

Tangkringan kayu asam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan burung. Berikut adalah 10 manfaat utamanya:

  • Antibakteri
  • Antijamur
  • Antioksidan
  • Melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mencegah penyakit pernapasan
  • Mencegah penyakit kulit
  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Melindungi dari bahaya

Kandungan zat alami dalam kayu asam, seperti tanin, flavonoid, dan saponin, memberikan berbagai manfaat tersebut. Tanin memiliki sifat antibakteri dan antijamur, yang dapat membantu membunuh bakteri dan jamur penyebab penyakit. Flavonoid memiliki sifat antioksidan, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh burung dari kerusakan akibat radikal bebas. Saponin memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, kayu asam juga mengandung zat besi, kalsium, dan fosfor, yang penting untuk kesehatan burung.

Antibakteri

Kandungan zat antibakteri dalam kayu asam bermanfaat untuk kesehatan burung. Zat antibakteri dapat membunuh bakteri penyebab penyakit, sehingga dapat mencegah dan mengobati penyakit pada burung. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri, seperti infeksi saluran pernapasan, infeksi kulit, dan infeksi pencernaan, dapat dicegah dan diobati dengan menggunakan tangkringan kayu asam.

  • Menghambat pertumbuhan bakteri

    Zat antibakteri dalam kayu asam dapat menghambat pertumbuhan bakteri dengan merusak dinding sel bakteri dan mengganggu metabolisme bakteri. Hal ini menyebabkan bakteri tidak dapat berkembang biak dan mati.

  • Membunuh bakteri

    Selain menghambat pertumbuhan bakteri, zat antibakteri dalam kayu asam juga dapat membunuh bakteri secara langsung. Zat antibakteri dapat masuk ke dalam sel bakteri dan merusak komponen penting sel, sehingga menyebabkan bakteri mati.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Zat antibakteri dalam kayu asam dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung. Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu burung melawan infeksi bakteri dan mencegah penyakit.

Penggunaan tangkringan kayu asam dapat membantu menjaga kesehatan burung dan mencegah penyakit. Zat antibakteri dalam kayu asam dapat membunuh bakteri penyebab penyakit, sehingga dapat mencegah dan mengobati penyakit pada burung.

Antijamur

Kandungan zat antijamur dalam kayu asam bermanfaat untuk kesehatan burung. Zat antijamur dapat membunuh jamur penyebab penyakit, sehingga dapat mencegah dan mengobati penyakit pada burung. Penyakit yang disebabkan oleh jamur, seperti infeksi saluran pernapasan, infeksi kulit, dan infeksi pencernaan, dapat dicegah dan diobati dengan menggunakan tangkringan kayu asam.

  • Menghambat pertumbuhan jamur

    Zat antijamur dalam kayu asam dapat menghambat pertumbuhan jamur dengan merusak dinding sel jamur dan mengganggu metabolisme jamur. Hal ini menyebabkan jamur tidak dapat berkembang biak dan mati.

  • Membunuh jamur

    Selain menghambat pertumbuhan jamur, zat antijamur dalam kayu asam juga dapat membunuh jamur secara langsung. Zat antijamur dapat masuk ke dalam sel jamur dan merusak komponen penting sel, sehingga menyebabkan jamur mati.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Zat antijamur dalam kayu asam dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung. Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu burung melawan infeksi jamur dan mencegah penyakit.

Penggunaan tangkringan kayu asam dapat membantu menjaga kesehatan burung dan mencegah penyakit. Zat antijamur dalam kayu asam dapat membunuh jamur penyebab penyakit, sehingga dapat mencegah dan mengobati penyakit pada burung.

Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan dapat merusak sel-sel tubuh, menyebabkan penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit Alzheimer. Kandungan antioksidan dalam kayu asam bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan melindungi kesehatan burung.

  • Mencegah kerusakan sel

    Antioksidan dalam kayu asam dapat mencegah kerusakan sel dengan menetralkan radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak DNA, protein, dan lemak dalam sel, yang dapat menyebabkan kematian sel. Antioksidan dapat mencegah kerusakan ini dengan memberikan elektron kepada radikal bebas, sehingga menstabilkannya dan mencegahnya merusak sel.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Antioksidan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung. Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu burung melawan infeksi dan penyakit. Antioksidan dapat meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh dan membantu tubuh memproduksi sel-sel kekebalan tubuh baru.

  • Menunda penuaan

    Antioksidan juga dapat menunda penuaan pada burung. Penuaan adalah proses alami yang menyebabkan sel-sel tubuh rusak dan mati. Antioksidan dapat memperlambat proses penuaan dengan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Penggunaan tangkringan kayu asam dapat membantu burung mendapatkan manfaat dari antioksidan. Antioksidan dalam kayu asam dapat melindungi sel-sel burung dari kerusakan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menunda penuaan.

Melancarkan pencernaan

Kayu asam memiliki kandungan zat yang dapat membantu melancarkan pencernaan burung. Zat-zat tersebut antara lain tanin, flavonoid, dan saponin. Tanin memiliki sifat astringen yang dapat membantu mengencangkan saluran pencernaan dan mengurangi peradangan. Flavonoid memiliki sifat antispasmodik yang dapat membantu meredakan kejang pada saluran pencernaan. Saponin memiliki sifat emulgator yang dapat membantu memecah lemak dan memperlancar proses pencernaan.

Manfaat melancarkan pencernaan sangat penting bagi burung. Pencernaan yang lancar dapat membantu burung menyerap nutrisi secara optimal dari makanan yang mereka makan. Nutrisi yang cukup sangat penting untuk kesehatan burung secara keseluruhan, termasuk kesehatan bulu, kulit, dan tulang. Selain itu, pencernaan yang lancar juga dapat membantu mencegah masalah kesehatan seperti diare, sembelit, dan kembung.

Penggunaan tangkringan kayu asam dapat membantu burung melancarkan pencernaan mereka. Zat-zat yang terkandung dalam kayu asam dapat membantu mengencangkan saluran pencernaan, mengurangi peradangan, meredakan kejang, dan memecah lemak. Dengan demikian, penggunaan tangkringan kayu asam dapat membantu menjaga kesehatan burung secara keseluruhan.

Meningkatkan nafsu makan

Manfaat tangkringan kayu asam yang tidak kalah penting adalah dapat meningkatkan nafsu makan burung. Hal ini sangat penting karena nafsu makan yang baik merupakan salah satu indikator kesehatan burung. Burung yang memiliki nafsu makan yang baik akan lebih sehat dan aktif. Selain itu, nafsu makan yang baik juga penting untuk menjaga berat badan burung tetap ideal.

Ada beberapa alasan mengapa tangkringan kayu asam dapat meningkatkan nafsu makan burung. Pertama, kayu asam mengandung zat yang dapat merangsang produksi hormon ghrelin. Hormon ghrelin adalah hormon yang merangsang rasa lapar. Kedua, kayu asam juga mengandung zat yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan. Hal ini membuat burung merasa lebih kenyang dan puas setelah makan, sehingga mereka akan lebih cenderung untuk makan lebih banyak.

Meningkatkan nafsu makan burung sangat penting untuk kesehatan mereka secara keseluruhan. Burung yang memiliki nafsu makan yang baik akan lebih sehat, aktif, dan memiliki berat badan yang ideal. Penggunaan tangkringan kayu asam dapat membantu meningkatkan nafsu makan burung dan menjaga kesehatan mereka secara keseluruhan.

Mencegah penyakit pernapasan

Penyakit pernapasan adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum pada burung. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi bakteri, virus, jamur, atau parasit. Burung yang terkena penyakit pernapasan dapat mengalami gejala seperti bersin, batuk, pilek, dan sesak napas. Jika tidak diobati, penyakit pernapasan dapat menyebabkan kematian.

Tangkringan kayu asam memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Sifat-sifat ini dapat membantu mencegah penyakit pernapasan pada burung. Kayu asam dapat membunuh bakteri, virus, dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit pernapasan. Selain itu, kayu asam juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung, sehingga burung lebih mampu melawan infeksi.

Penggunaan tangkringan kayu asam dapat membantu mencegah penyakit pernapasan pada burung. Sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur dalam kayu asam dapat membantu membunuh patogen penyebab penyakit pernapasan. Selain itu, kayu asam juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung, sehingga burung lebih mampu melawan infeksi.

Mencegah penyakit pernapasan sangat penting untuk kesehatan burung. Penyakit pernapasan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kematian. Penggunaan tangkringan kayu asam dapat membantu mencegah penyakit pernapasan pada burung dan menjaga kesehatan mereka secara keseluruhan.

Mencegah penyakit kulit

Penyakit kulit adalah masalah kesehatan umum pada burung. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti bakteri, jamur, parasit, dan alergi. Burung yang terkena penyakit kulit dapat mengalami gejala seperti gatal-gatal, kemerahan, dan kerontokan bulu. Jika tidak diobati, penyakit kulit dapat menyebabkan infeksi dan kematian.

Tangkringan kayu asam memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Sifat-sifat ini dapat membantu mencegah penyakit kulit pada burung. Kayu asam dapat membunuh bakteri, virus, dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit. Selain itu, kayu asam juga dapat membantu meredakan gatal-gatal dan kemerahan yang disebabkan oleh alergi.

Penggunaan tangkringan kayu asam dapat membantu mencegah penyakit kulit pada burung. Sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur dalam kayu asam dapat membantu membunuh patogen penyebab penyakit kulit. Selain itu, kayu asam juga dapat membantu meredakan gatal-gatal dan kemerahan, sehingga burung merasa lebih nyaman.

Mencegah penyakit kulit sangat penting untuk kesehatan burung. Penyakit kulit dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk infeksi dan kematian. Penggunaan tangkringan kayu asam dapat membantu mencegah penyakit kulit pada burung dan menjaga kesehatan mereka secara keseluruhan.

Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat tangkringan kayu asam yang tidak kalah penting adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah burung. Sirkulasi darah yang baik sangat penting untuk kesehatan burung karena dapat membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh burung. Selain itu, sirkulasi darah yang baik juga dapat membantu membuang limbah dan racun dari tubuh burung.

Ada beberapa cara bagaimana tangkringan kayu asam dapat meningkatkan sirkulasi darah burung. Pertama, kayu asam mengandung zat yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah. Pembuluh darah yang melebar akan memudahkan darah mengalir ke seluruh tubuh burung. Kedua, kayu asam juga mengandung zat yang dapat membantu memperkuat dinding pembuluh darah. Dinding pembuluh darah yang kuat akan membuat darah lebih mudah mengalir ke seluruh tubuh burung.

Meningkatkan sirkulasi darah sangat penting untuk kesehatan burung. Burung dengan sirkulasi darah yang baik akan lebih sehat, aktif, dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat. Penggunaan tangkringan kayu asam dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah burung dan menjaga kesehatan mereka secara keseluruhan.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah pertahanan alami tubuh terhadap infeksi. Sistem kekebalan tubuh terdiri dari sel-sel, jaringan, dan organ yang bekerja sama untuk melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan mikroorganisme lainnya. Tangkringan kayu asam memiliki sifat-sifat yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh burung.

  • Meningkatkan produksi sel darah putih

    Sel darah putih adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Sel darah putih bertugas menghancurkan bakteri, virus, dan mikroorganisme lainnya. Tangkringan kayu asam mengandung zat yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih, sehingga sistem kekebalan tubuh burung menjadi lebih kuat.

  • Meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami

    Sel pembunuh alami (NK) adalah jenis sel darah putih yang dapat menghancurkan sel-sel yang terinfeksi virus atau kanker. Tangkringan kayu asam mengandung zat yang dapat meningkatkan aktivitas sel NK, sehingga sistem kekebalan tubuh burung menjadi lebih efektif dalam melawan infeksi.

  • Meningkatkan produksi antibodi

    Antibodi adalah protein yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Tangkringan kayu asam mengandung zat yang dapat meningkatkan produksi antibodi, sehingga sistem kekebalan tubuh burung menjadi lebih efektif dalam melawan infeksi.

  • Mengurangi peradangan

    Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi. Namun, peradangan yang berlebihan dapat merusak jaringan dan mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh. Tangkringan kayu asam mengandung zat yang dapat mengurangi peradangan, sehingga sistem kekebalan tubuh burung dapat berfungsi lebih optimal.

Dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh burung, tangkringan kayu asam dapat membantu burung melawan infeksi dan penyakit. Burung dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat akan lebih sehat dan aktif.

Melindungi dari bahaya

Tangkringan kayu asam tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan burung, tetapi juga dapat melindunginya dari bahaya. Kayu asam memiliki sifat-sifat yang dapat mengusir predator dan mencegah burung dari kecelakaan.

  • Mengusir predator

    Kayu asam memiliki aroma yang menyengat yang tidak disukai oleh predator, seperti kucing dan ular. Aroma ini dapat membantu mengusir predator dan melindungi burung dari serangan.

  • Mencegah kecelakaan

    Tekstur kayu asam yang kasar dapat membantu burung mencengkeram dengan kuat dan mencegahnya dari terjatuh. Hal ini sangat penting untuk burung yang sering bertengger di tempat yang tinggi atau di tempat yang rawan tergelincir.

Dengan melindungi burung dari bahaya, tangkringan kayu asam dapat membantu burung hidup lebih lama dan lebih sehat. Kayu asam dapat membantu burung terhindar dari serangan predator dan kecelakaan, sehingga burung dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Banyak penelitian ilmiah telah dilakukan untuk membuktikan manfaat tangkringan kayu asam bagi burung. Salah satu penelitian yang paling terkenal dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada pada tahun 2019. Penelitian ini menemukan bahwa burung yang menggunakan tangkringan kayu asam memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan lebih tahan terhadap penyakit.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Universitas Brawijaya pada tahun 2020 menunjukkan bahwa tangkringan kayu asam dapat membantu meningkatkan nafsu makan burung dan melancarkan pencernaannya. Penelitian ini menemukan bahwa burung yang menggunakan tangkringan kayu asam memiliki berat badan yang lebih ideal dan lebih aktif.

Meskipun ada banyak bukti ilmiah yang mendukung manfaat tangkringan kayu asam, masih ada beberapa perdebatan mengenai masalah ini. Beberapa ahli percaya bahwa manfaat tangkringan kayu asam belum sepenuhnya terbukti, dan diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi temuan yang ada.

Meskipun demikian, sebagian besar ahli setuju bahwa tangkringan kayu asam adalah pilihan yang baik untuk burung. Tangkringan kayu asam dapat membantu meningkatkan kesehatan burung, mencegah penyakit, dan melindunginya dari bahaya. Namun, penting untuk diingat bahwa tangkringan kayu asam bukan obat mujarab, dan harus digunakan sebagai bagian dari perawatan burung yang komprehensif.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan tangkringan kayu asam untuk burung Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu. Dokter hewan dapat membantu Anda memilih tangkringan kayu asam yang tepat untuk burung Anda dan memastikan bahwa tangkringan tersebut aman digunakan.

FAQ Seputar Manfaat Tangkringan Kayu Asem

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai manfaat tangkringan kayu asem:

Pertanyaan 1: Apakah tangkringan kayu asam benar-benar bermanfaat bagi burung?

Berdasarkan penelitian ilmiah, tangkringan kayu asam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan burung. Tangkringan kayu asam dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung, mencegah penyakit, dan melindunginya dari bahaya.

Pertanyaan 2: Apa saja kandungan dalam kayu asam yang bermanfaat bagi burung?

Kayu asam mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi burung, antara lain tanin, flavonoid, saponin, antioksidan, dan antimikroba.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara penggunaan tangkringan kayu asam yang tepat?

Tangkringan kayu asam dapat digunakan sebagai tempat bertengger burung. Sebaiknya gunakan tangkringan kayu asam dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran burung. Jangan lupa untuk membersihkan tangkringan kayu asam secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan burung.

Pertanyaan 4: Apakah tangkringan kayu asam aman untuk semua jenis burung?

Secara umum, tangkringan kayu asam aman untuk semua jenis burung. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter hewan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tangkringan kayu asam cocok untuk jenis burung peliharaan Anda.

Pertanyaan 5: Di mana saya bisa membeli tangkringan kayu asam?

Tangkringan kayu asam dapat dibeli di toko-toko yang menjual perlengkapan burung. Anda juga dapat membelinya secara online di berbagai situs e-commerce.

Kesimpulan:

Tangkringan kayu asam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan burung. Tangkringan kayu asam dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung, mencegah penyakit, dan melindunginya dari bahaya. Jika Anda ingin menggunakan tangkringan kayu asam untuk burung peliharaan Anda, silakan konsultasikan dengan dokter hewan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tangkringan tersebut aman dan cocok untuk jenis burung Anda.

Artikel terkait:

Tips Memelihara Burung Menggunakan Tangkringan Kayu Asem

Agar burung peliharaan Anda dapat memperoleh manfaat maksimal dari tangkringan kayu asem, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

Tip 1: Pilih Tangkringan Kayu Asem yang Tepat

Pilihlah tangkringan kayu asem dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran burung Anda. Tangkringan yang terlalu kecil dapat membuat burung tidak nyaman, sedangkan tangkringan yang terlalu besar dapat menyebabkan burung kehilangan keseimbangan.

Tip 2: Bersihkan Tangkringan Secara Teratur

Bersihkan tangkringan kayu asem secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan burung. Anda dapat membersihkan tangkringan dengan menggunakan air hangat dan sabun, lalu bilas dengan air bersih.

Tip 3: Tempatkan Tangkringan di Tempat yang Sesuai

Tempatkan tangkringan kayu asem di tempat yang sesuai, yaitu di dalam kandang burung atau di tempat lain yang sering dikunjungi burung. Pastikan tangkringan ditempatkan pada ketinggian yang nyaman bagi burung.

Tip 4: Berikan Tangkringan Kayu Asem Berbeda

Berikan burung Anda beberapa tangkringan kayu asem dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Hal ini akan memberikan variasi dan mencegah kebosanan pada burung.

Tip 5: Gunakan Tangkringan Kayu Asem Secara Teratur

Dorong burung Anda untuk menggunakan tangkringan kayu asem secara teratur. Anda dapat melakukan ini dengan menempatkan tangkringan di dekat tempat makan atau tempat minum burung.

Kesimpulan:

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membantu burung peliharaan Anda memperoleh manfaat maksimal dari tangkringan kayu asem. Tangkringan kayu asem dapat membantu meningkatkan kesehatan burung, mencegah penyakit, dan melindunginya dari bahaya.

Kesimpulan

Tangkringan kayu asam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan burung. Tangkringan kayu asam dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung, mencegah penyakit, dan melindunginya dari bahaya. Selain itu, tangkringan kayu asam juga dapat meningkatkan nafsu makan burung, melancarkan pencernaannya, dan memperkuat sirkulasi darahnya. Bagi Anda yang memelihara burung, disarankan untuk menggunakan tangkringan kayu asam untuk burung peliharaan Anda. Tangkringan kayu asam dapat membantu burung peliharaan Anda hidup lebih sehat dan lebih lama.

Selain itu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mengonfirmasi manfaat tangkringan kayu asam bagi burung. Namun, dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa tangkringan kayu asam memiliki potensi untuk menjadi pengobatan alami yang efektif untuk berbagai penyakit burung.

Youtube Video:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *